Mengapa Guru Malas dan Dosen Rajin

Posted by Unknown Minggu, 13 Januari 2013 0 komentar
Sama-sama menjadi berstatus pengajar, tetapi keduanya memunyai persamaan dan berpedaan. Tak lain adalah dosen dan guru. Dua profesi yang sering diidamkan khalayak karena gemarnya berbagi pengetahuan demi mencerdaskan anak bangsa. Namun, kedua profesi itu mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Berikut ini adalah hasil obrolanku dengan seorang guru tadi pagi.

Perbedaan 1 : Kebiasaan
Kebanyakan dosen menghabiskan waktunya di kampus. Mereka suka sekali berdiskusi dengan mahasiswanya agar mahasiswa memperoleh pengetahuan sehingga terdewasakan. Maka, tak ayal dosen sering pulang terlambat.
Guru sering menghabiskan waktunya di rumah atau di tempat selain sekolah. Kebanyakan guru menghabiskan waktu untuk bersendau gurau atau berleha-leha daripada berdiskusi dengan siswanya. Maka, jarang dan teramat jarang guru berlama-lama di sekolah. Mereka ingin bergegas pulang atau bepergian.

Perbedaan 2: Tuntutan Profesi
Dosen dituntut untuk dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seorang dosen akan berusaha mati-matian agar dapat memenuhi kewajibannya itu demi tuntutan profesinya. Oleh karena itu, dosen sering bepergian demi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
Guru teramat berbeda. Jika guru sudah berstatus PNS, rerata mereka sudah merasa puas. Teramat kecil keinginan untuk meningkatkan kemampuannya. Rerata mereka merasa sudah berada di puncak karier. Maka, rerata guru pasti mentok di golongan IVa.

Perbedaan 3: Hubungan Sosial
Dosen sangat terlihat berwibawa di depan mahasiswa karena mereka sudah pandai mengendalikan massa. Dosen memang menghadapi generasi yang sudah mapan secara fisik dan emosi. Oleh karena itu, dosen mesti berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan tindakan. Maka, mahasiswa sering mendemo dosennya jika dosen tersebut terbukti bersalah.
Guru teramat berbeda. Guru sering dianggap sebagai dewa mahatahu. Karena anggapan itu, murid teramat hormat kepada guru. Guru tak pernah salah dan murid selalu salah. Maka, teramat jarang guru didemo muridnya karena. Guru selalu berada di posisi aman karena dianggap benar.

Perbedaan 4: Kreativitas
Dosen rajin sekali membaca dan menulis. Setiap dosen harus menghasilkan karya ilmiah dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, dosen sering berlama-lama membaca dan melakukan penelitian. Maka, wajarlah dosen itu menjadi insan cerdas dan dikagumi mahasiswa.
Guru teramat berbeda. Jarang sekali guru mempunyai kreativitas. Teramat jarang guru gemar membaca buku, terlebih menulis karya ilmiah. Karena kemalasan ini, guru sering tertinggal oleh kemajuan zaman. Murid sudah mempunyai blog, tetapi gurunya justru belum dapat mengoperasikan internet.

Perbedaan 5: Penampilan
Dosen sering berpenampilan sederhana dalam balutan pakaian bebas yang rapi d an sopan. Teramat jarang dosen berpakaian seragam. Maka, kita teramat sulit membedakan perbedaan antara dosen dan mahasiswa. Ketika waktu mengajar itulah, perbedaan itu akan terlihat.
Kondisi itu teramat berbeda dengan penampilan guru. Guru sering berpakaian seragam demi menampilkan sosok pribadi yang digugu lan ditiru (dipercaya dan diteladani). Karena penampilan ini pula, kita mudah menebak asal usul guru dan instansinya. Guru dan murid teramat berbeda karena seragam yang dikenakan.
Begitulah hasil diskusiku tadi pagi. Saya sering berpikir tentang kondisi pendidikan dasar dan menengah. Kian hari, saya mengamati perilaku guru yang kian menjauh dari norma dan etika sebagai pendidik. Entahlah, apakah itu sudah menjadi watak sehingga sulit diubah atau memang guru tidak bersedia mengubahnya? Dan kondisi itu sulit ditemukan jika saya berada di kampus. Nyaman dalam keteduhan keilmuan: semakin ilmu ditimba, semakin dalam ilmu tergali seakan tiada batas karena ilmu memang tiada batas.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengapa Guru Malas dan Dosen Rajin
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://nencyhardini4.blogspot.com/2013/01/mengapa-guru-malas-dan-dosen-rajin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of SAHABAT PENA.