Belajar dari film “The Miracle Worker

Posted by Nency Hardini Rabu, 26 Desember 2012 0 komentar
 
Oleh : Nency Hardini
Dari kisah Hellen dan Ny. Sllivan dalam film “The Miracle Worker”, kita mendapatkan banyak pelajaran yang sangat berharga, dan yang paling utama adalah rasya syukur kita kepada Tuhan yang telah memberikan kesempurnaan panca indra.
Kemudian, kesabaran seorang guru yang mencurahkan semua daya dan melakukan segala upaya agar dapat memberikan yang terbaik untuk anak didiknya. Walaupun banyak terdapat kekurangan yang ada pada anak didik, dalam kisah Hellen yang buta, bisu dan tuli. Akan tetapi dengan kesabaran yang dimiliki oleh Ny. Sullivan dan keyakinan serta ketekunannya, ia dapat mengubah semua kekurangan menjadi keistimewaan yang belum tentu dicapai oleh orang yang normalsekalipun.

Kemudian, ketegasan seorang guru juga diperlukan terhadap anak didik dan orangtuanya. Tegas bukan berarti keras. Tegas berarti mengatakan “Ya” jika ya dan mengatakan “tidak” jika memang tidak sambil memberikan penjelasan atas setiap perkataan. Hal ini perlu dilakukan secara konsisten atau dijadikan pembiasaan agar dapat berpikir mana yang benar dan mana yang salah, sehingga ia dapat berhati-hati dlam bertindak. Dengan menerapkan hal ini, karakter anak akan terbentuk dengan sendirinya karena dirinya selalu diberikan penjelasan atas perbuatanya, maka nantinya ia akan terbiasa berkomunikasi dan berdiskusi, sekaligus mengasah kecerdasannya dalam berpikir.

Seorang pendidik haruslah bekerja keras dan pantang menyerah. Hal itu merupakan modal bagi seorang pendidik sehingga mampu memberikan pendidikan secara menyeluruh dan tuntas. Sikap optimis pun sangat diperlukan oleh seorang pendidik karena dengan bersikap optimislah, pendidik dapat lebih termotivasi untuk berinovasi agar berguna bagi anak didiknya.
Jika inderanya ada yang ganjil dan bukan pikirannya, dia pasti punya bahasa, “bahasa lebih penting bagi pikiran dari pada cahaya mata”. Hal terbaik dan terindah yang tidak dilihat atau disentuh oleh dunia adalah hal yang dirasakan di dalam hati.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar dari film “The Miracle Worker
Ditulis oleh Nency Hardini
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://nencyhardini4.blogspot.com/2012/12/belajar-dari-film-miracle-worker.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of SAHABAT PENA.